Keamanan Maritim Jadi Fokus Pertemuan Menteri Negara IORA


9X06ngbtNZ

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Sekretaris Jenderal Indian Ocean Rim Association (IORA), KV Bhagirath menegaskan bahwa IUU Fishing menjadi topik yang difokuskan di pertemuan tingkat menteri, besok, 27 Oktober.

(Baca: Enam Konsentrasi IORA Akan Didiskusikan dengan PBB).

“Ya, itu salah satu program yang telah dibahas dan akan dibahas lagi di pertemuan tingkat menteri. Keamanan dan kesejahteraan maritim adalah prioritas nomor satu untuk kami,” kata Bhagirath ketika ditemui di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Rabu (26/10/2016).
Ia pun mengungkapkan hal tersebut sudah ada di IORA Concord yang kurang satu persen lagi penyelesaiannya. Pasalnya, apa yang berada di IORA Concord akan dilaksanakan di dalam action plan.
“Jika di IORA Concord mengatakan ada penguatan keamanan maritim, maka kami akan merujuk pada action plan yang mengutamakan pengamanan maritim juga,” lanjutnya.
Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya pun mengatakan bahwa pembangunan kembali bagi Somalia dan Yaman pun sudah disetujui dalam pertemuan tingkat pejabat tinggi atau Senior Officials Meeting (SOM), siang tadi.
“Ada pembangunan kembali dan kita mendukung kerja sama dalam bidang UKM di sana. Delegasi Somalia sangat senang sekali, karena mereka memang sangat membutuhkan,” ujarnya.
Bhagirath pun mengatakan hal yang sama. Ia menambahkan bahwa implementasi mungkin akan membutuhkan negara ketiga.
“Kita masih mendiskusikan negara mana yang bisa kita ajak kerja sama. Kita harus punya negara ketika untuk bekerja sama, mungkin bisa dua atau tiga negara jumlahnya,” pungkas Bhagirath.

(FJR)

Sumber

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>