Mediasi KPU-PBB Buntu


20180304Nino1-720x405

Massa simpatisan dari Partai Bulan Bintang memadati jalan di depan gedung Badan Pengawas Pemilu, Jakarta Pusat, pada Minggu (4/3/2018) sore.

JAKARTA, KOMPAS – Mediasi pertama antara Komisi Pemilihan Umum  (KPU) dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jakarta, Senin (30/07/2018) sore,  berlangsung tanpa kesepakatan. Sempat pula terjadi “keriuhan” di ruang mediasi maupun saat dua anggota KPU meninggalkan ruang mediasi menuju ke lift.

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menuturkan, Bawaslu akan kembali mengagendakan mediasi pada Selasa pagi. Menurut dia, jika mediasi gagal, Bawaslu akan melanjutkan persidangan adjudikasi.

Sengketa ini diajukan oleh PBB karena pendaftaran calon anggota DPR RI di 24 daerah pemilihan dikembalikan KPU karena dinilai melewati waktu pendaftaran.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra menuturkan, mediasi tidak berjalan karena dua anggota KPU yang hadir tidak membawa surat tugas. Dia juga menyampaikan pada Selasa, PBB akan melaporkan KPU ke Mabes Polri atas aduan perbuatan sewenang-wenang dan melakukan tindakan tidak adil.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>